Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy
yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT)
adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam
membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan
informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi
untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan
hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah
tangga elektronik, dan peranti genggam modern.
Secara umum Teknologi Informasi (TI) adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang
termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program
, dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi
atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui
setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI.
Perkembangan teknologi informasi sudah merambah ke berbagai bidang kegiatan, termasuk salah satunya adalah bidang bisnis. Teknologi informasi menjadi alat dalam proses bisnis yang dapat membuat aliran informasi berjalan cepat
secara internal maupun eskternal. Teknologi informasi memiliki banyak
peranan dalam dunia bisnis, sebagai contoh : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas,
meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, problem solving (pemecahan masalah).
Contoh Kegiatan Bisnis dalam TI
Dalam dunia
bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk
perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-bisnis) atau
perbisnisan elektronik. E-Commerce adalah perbisnisan menggunakan jaringan
komunikasi internet. Kita bisa mengambil contoh penerapan
e-commerce ini pada perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana Carrefour ikut
memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour
memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data
atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti
diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan
pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja
via online. Sistem pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir
sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang
terjaga dan aman dari tindakan kriminal.
- Electronic
Fund Transfer (EFT)
Merupakan salah satu contoh inovasi dari penggunaan
teknologi internet yang mendasar dalam Teknologi Sistem Informasi (TSI) di
bidang perbankan. Contoh dari produk-produk EFT antara lain meliputi Anjungan
Tunai Mandiri (ATM), electronic home banking (biasa disebut sebagai internet
banking), dan money transfer network.
Keuntungan :
- Kemajuan
teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu
tempat dan tempat yang lain.
- Semakin
maraknya penggunaan Teknologi Informasi akan semakin membuka lapangan
pekerjaan.
- Bisnis
yang berbasis Teknologi Informasi atau yang biasa disebut e-commerce dapat
mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
- Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan
pendidikan.
Kerugian :
- Dengan pesatnya teknologi informasi baik di
internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau
pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
- Dengan mudahnya melakukan transaksi di
internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang
seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
Kesimpulan
:
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi menuntut
para pelaku bisnis untuk dapat membangun strategi dan konsep bisnisnya guna memenuhi kemampuan untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis dan memberikan pelayanan yang optimal kepada para mitra bisnisnya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://imranzulmi.blogspot.com/2013/06/penerapan-teknologi-komputer-di-dunia.html
http://kittykiky.blogspot.com/2010/01/makalah-peranan-teknologi-informasi.html