Blog Artikel
Select Menu
  • Home
  • Blogging
    • Articles
    • Legends
    • Google Adsense
    • Bussiness
  • Tools
    • Font Awesome
    • HTML Editor
    • HTML Encrypter
    • Code Color
    • Responsive Cek
  • Sitemap
  • About Me
Home » Teori Organisasi Umum #2 » STRUKTUR PASAR

20 April 2012

STRUKTUR PASAR

1 Comment
Teori Organisasi Umum #2
20 April 2012
Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar (Bain, 1952). Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi.
Dalam teori ekonomi mikro, struktur pasar dibagi dalam empat macam bentuk, yaitu:

1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Banyak pesaing. Bila produsen pada pasar persaingan ingin mendapat keuntungan atau profit maksimum, tidak bisa dilakukan, karena harga ditentukan oleh pasar. Produsen hanya sebagai price taker.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.

2.Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.
Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik dan oligopoli.

1).Pasar Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaan pada produknya (differensiasi produk) dibandingkan produsen lain.
Pasar monopolistik adalah pasar dengan produsen sangat banyak, hanya saja produk yang dihasilkan berbeda (tidak seragam), atau unik. Banyak pesaing, namun produknya berbeda beda. Bila produsen pada pasar persaingan ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, masih bisa dilakukan, karena harga dapat dipengaruhi oleh produsen. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.
Contoh pasar persaingan monopolistik antara lain, yaitu pasar obat-obatan, pasar barang ritel seperti sabun, shampoo, pasta gigi, kosmetik, dan sebagainya. Di Indonesia, pasar kosmetik dikuasai oleh beberapa produsen yaitu Sari Ayu dan Mustika Ratu.

2). Pasar Monopoli
Di pasar ini, hanya ada satu produsen. Tidak ada pesaing, dipasar sendirian. Bila produsen yang monopolis ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan menurunkan supply, sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Kerugian masyarakat karena Pasar Monopoli:
a. Berkurang atau memburuknya efisiensi dan daya saing ekonomi nasional
b. Berkurang atau hilangnya sebagian kesejahteraan masyarakat
Pemerintah sebagai eksekutif penyelenggara negara, bertugas melindungi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat..Berkaitan dengan pasar monopoli ini, yang dirugikan adalah masyarakat konsumen, dan Ekonomi nasional secara keseluruhan, maka pemerintah perlu melakukan langkah mempengaruhi pasar (market intervention), melalui:
a. Penetapan harga tertinggi (Ceiling Price)
b. Menjaga kelancaran distribusi barang dan jasa (distribution channel)

Manfaat dari Pasar Monopoli:
a. Monopoli untuk menekan biaya produksi
b. Monopoli untuk menjaga penggunaan sumberdaya yang sangat terbatas
Contoh pasar monopoli antara lain, yaitu PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menyediakan kebutuhan listrik di Indonesia.

3). Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar dimana hanya ada beberapa produsen. Hanya ada beberapa pesaing. Bila produsen yang olipolis ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan berkolaborasi (kerjasama) dengan dengan produsen lain menurunkan supply, sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Terbentuknya pasar oligopoly ini didorong oleh adanya hambatan (barriers) untuk masuk pasar bagi pemain atau produsen baru. Hambatan untuk masuk pasar yang dihadapi oleh pemain atau produsen baru ini, antara lain disebabkan oleh paling tidak 2 (dua) faktor, yaitu:
1. Besarnya Skala Ekonomis dari industri tersebut
Pada umumnya untuk industri yang padat modal dan teknologi, seperti industri logam dan kimia, biasanya memiliki skala ekonomis, atau Titik Impas (Break Event Point) yang besar.
2. Tingkat kerumitan (Kompleksitas) pengelolaan usaha yang tinggi
Karena rumitnya pengelolaan usaha ini, baik dari segi teknologi, jaringan usaha, pemasok dan sebagainya, menyebabkan tidak banyak pemain atau produsen baru yang mampu masuk pasar. Hal ini menyebabkan halangan (bariiers) untuk masuk pasar relatif tinggi.



*Karakteristik Pasar Oligopoli:
- Hanya ada sedikit (beberapa) jumlah produsen atau pemain dipasar monopoli
- Produk yang dihasilkan bisa seragam (homogeen) atau berbeda (differentiate)
- Relatif tinggi dan terjaganya loyalitas konsumen
- Relatif tingginya hambatan masuk dan keluar pasar (Entry and Exit barriers)

Model Analisis Perilaku Pasar Oligopoli:
Pada pasar oligopoli berlaku prinsip: Bila salah satu perusahaan di pasar oligopoli ini membuat kebijakan bisnis yang baru (produksi, harga, promosi dan sebagainya), maka Perusahaan atau pemain lain akan bereaksi atau melakukan langkah serupa untuk mempertahankan pangsa pasar (market share) nya. “Strategic behavior of Oligopolist: Actions taken by firm in oligopolistic market to plan for and react to competition from rival firms”.
Dalam menganalisis pasar Oligopoli ini, sering digunakan pendekatan teori permainan (Game Theory), misalnya :Prisonner dilemma. teori pengambilan keputusan dengan menggunakan kriteria tertentu (decision theory).

Contoh pasar oligopoli antara lain, yaitu di Indonesia dengan mudah dijumpai pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif, dan pasar yang bergerak dalam industri berat. Kegagalan pasar akan terjadi jika terjadi ketidak seimbangan pasar, sehingga produksi dan konsumsi berada di bawah tingkat keseimbangan pasar, maka surplus sosialnya (Produsen dan Konsumen surplus) tidak oprimal. Hal ini dapat terjadi karena behaviour dari pelaku ekonomi yang cenderung memaksimalkan laba (profit) nya sehingga akan mengakibatkan berkurang atau bahkan hilangnya surplus sosial. Dan ini merugikan kepentingan publik.
Bila kegagalan pasar terjadi, maka diperlukan intervensi pemerintah dalam bentuk:
Menetapkan harga terendah (Floor price): Untuk melindungi produsen.
Menetapkan harga tertinggi (Ceiling price): Untuk melindungi konsumen.
Mengenakan pajak, maupun pemberian subsidi.
Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa peraturan pemerintah memegang peranan penting dalam mempengaruhi struktur pasar dan perilaku masyarakat.
Suka Artikel? Bagikan: Facebook Twitter Google+

1 Comments

avatar
Balas
Unknown delete 28 April 2012 at 07:13

oke terima kasih telah mengingatkan,,,

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Mengenai Saya

Unknown
View my complete profile

Entri Populer

  • (no title)
    IBD BAB 10. MANUSIA DAN KEGELISAHAN
  • Gapailah cita-cita dengan menuliskannya
    Sahabat, untuk mencapai cita-cita, kita harus memikirkan dengan sunguh-sungguh impian dan cita-cita kita, membuat alasan penting mengapa im...
  • A Brief Overview Of Nursing Entrepreneurship
    There are all kinds of opportunities for qualified nurses to enter the field of nursing entrepreneurship. Depending on what they are trained...
  • What Is Inventory Management?
    What Is Inventory Management? Literally, the word 'inventory' means anything in stock that can necessarily do a business; however in...
  • STRUKTUR PASAR
    Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar (Bain, 1952). Unsur-unsur pas...

Label

  • Articles
  • Blogging Tutorial
  • Business
  • Coding Program
  • Etika Dan Profesionalisme TSI
  • Google Adsense
  • Jarkom
  • Legends
  • Pengantar Telematika
  • Teori Organisasi Umum #2
  • Tips SEO
  • Trik n Script Ngeblog
  • Tugas Softskill

Archives

  • ► 2016 (1)
    • ► January (1)
  • ► 2014 (5)
    • ► June (1)
    • ► May (2)
    • ► March (1)
    • ► January (1)
  • ► 2013 (12)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► June (4)
    • ► January (5)
  • ▼ 2012 (81)
    • ► November (8)
    • ► June (2)
    • ► May (24)
    • ▼ April (43)
      • Uang
      • Top 10 Business E-mail Etiqutte Basics
      • Honest Work From Home Internet Business Opportunity
      • Starting Your Own Home Based Business To Creat Mul...
      • Online Profits With Google Adsense
      • Adsense Tip
      • How To Start Making Money With Google Adsense
      • 5 Great Things not to do With Google Adsense
      • Make Lots of Money With Google Adsense
      • How To Earn Money With Google Adsense
      • The Easiest Way To Have A Google Adsense
      • What's Google Adsense???
      • JAGA KESEHATAN DENGAN MUSIK
      • Teknik Bernyanyi
      • The Making Of A Legend
      • STRUKTUR PASAR
      • Jangan Anggap Enteng Hal yang Remeh
      • Forever and One
      • The Christmas Tree Legends
      • Art Internships And Their Power To Enhance Your Su...
      • A Brief Overview Of Nursing Entrepreneurship
      • Be Authentic In Your Business And Your Life
      • How To Start A Lawn Business - The First Steps
      • What Is Inventory Management?
      • How to Find The Fastest Path to Profitability
      • Tax Lien Investing Can Be Lucrative
      • The Benefits of Renting Office Space
      • Gapailah cita-cita dengan menuliskannya
      • Jauhkan Penyeselan Dalam Dirimu
      • Distinguishing Food Allergies from Other Reactions
      • 5 Mistakes You Might Be Making When Choosing A Pas...
      • Maintain Your PC's Performance With PC Programs
      • Are You Safe from Hackers?
      • Cleaning and Organizing Your Computer
      • The legend of Lake Toba
      • THE LEGEND OF BANYUWANGI
      • The Story and Legend of Mount Bromo
      • The Legend of Mount Tangkuban Perahu
      • Control your stress with healthy food
      • A Great Idea For a Blogging Web Site is No Longer ...
      • 7 tips for effective listening: productive listeni...
      • Sistem Perekonomian
      • Ruang Lingkup Ekonomi
    • ► March (4)
  • ► 2011 (37)
    • ► December (7)
    • ► November (4)
    • ► October (8)
    • ► September (2)
    • ► August (1)
    • ► April (5)
    • ► March (6)
    • ► February (4)
  • ► 2010 (14)
    • ► December (3)
    • ► November (9)
    • ► October (2)

CHATS

Label

  • Articles
  • Blogging Tutorial
  • Business
  • Coding Program
  • Etika Dan Profesionalisme TSI
  • Google Adsense
  • Jarkom
  • Legends
  • Pengantar Telematika
  • Teori Organisasi Umum #2
  • Tips SEO
  • Trik n Script Ngeblog
  • Tugas Softskill

Label

  • Articles
  • Blogging Tutorial
  • Business
  • Coding Program
  • Etika Dan Profesionalisme TSI
  • Google Adsense
  • Jarkom
  • Legends
  • Pengantar Telematika
  • Teori Organisasi Umum #2
  • Tips SEO
  • Trik n Script Ngeblog
  • Tugas Softskill

Label

  • Articles
  • Blogging Tutorial
  • Business
  • Coding Program
  • Etika Dan Profesionalisme TSI
  • Google Adsense
  • Jarkom
  • Legends
  • Pengantar Telematika
  • Teori Organisasi Umum #2
  • Tips SEO
  • Trik n Script Ngeblog
  • Tugas Softskill
Copyright 2013 Blog Artikel - All Rights Reserved
Template by Dian Anarchyta - Powered Blogger