PROPOSAL PENULISAN ILMIAH
JUDUL : APLIKASI PARIWISATA INDONESIA BERBASIS ANDROID
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini perkembangan dunia gadget sudah sangat berkembang dengan pesat, hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan smartphone dan tablet PC berbasis android yang bisa dikatakan sangat menakjubkan , hal ini terbukti saat ini hampir semua vendor-vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis android. Antusiasnya vendor memproduksi smartphone android dikarenakan android adalah OS mobile yang open platform, karena android sendiri adalah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.
Jutaan dari banyak orang sudah memiliki dan mempergunakan Smartphone maupun Tablet PC berbasis android untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Hal ini terjadi dikarenakan perubahan gaya hidup menuju era millennium yang menuntut setiap orang untuk selalu update dengan kemajuan teknologi khususnya di dunia gadget karena adanya kemajuan teknologi membuat aktivitas para pengguna teknologi tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.
Indonesia sebagai salah satu Negara terbesar didunia yang terkenal dengan ragam budaya dan objek wisatanya telah menjadi primadona di kancah internasional dalam sektor pariwisata. Sebut saja Bali, Bunaken serta Raja Ampat yang sudah terkenal sebagai salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Namun bukan hanya Bali, Bunaken ataupun raja Ampat saja yang ada di Indonesia namun masih ada objek-objek wisata lainnya yang ada di Indonesia, sebut saja Danau Toba, Kebun Raya Bogor, Taman Iman Sitinjo dll.
Dengan bantuan kemajuan teknologi informasi dapat diciptakan sistem terpadu yang dapat membantu pengenalan setiap objek wisata. Teknologi informasi juga dapat membantu menghemat biaya dalam hal penyampaian maupun pengenalan atas setiap objek wisata yang ada.
1.2 Batasan Masalah
Aplikasi ini hanya sebagai media rujukan bagi para pengguna android untuk mengunjungi objek-objek pariwisata yang ada di Indonesia.
Pembuatan program aplikasi pengenalan objek wisata di Indonesia ini dibuat dengan menggunakan Eclips Galileo.
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi yang memperkenalkan objek-objek pariwisata apa saja yang ada di Indonesia, dimana dapat menjadi sebuah rujukan untuk berpariwisata bagi para pengguna android.
1.4 Metode Penelitian
Dalam pembuatan program aplikasi ini langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan, informasi ini nantinya akan digunakan sebagai langkah selanjutnya yaitu merancang sebuah aplikasi pengenalan objek wisata di Indonesia.
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam melihat keterhubungan antara bab yang satu dengan yang lain, diperlukan sistematika penulisan yang berurutan secara garis besar. Adapun sistematika penulisan ilmiah ini disusun dalam 4 bab, yaitu :
Bab I Pendahuluan
Bab ini menguraikan pokok persoalan yang terdiri dari latar belakang
masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan
sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Bab ini menguraikan tentang teori-teori yang dipakai dalam penulisan
ilmiah. Sekilas tentang Eclips Galileo, mengenal fitur-fitur Eclips galileo.
Bab III Pembahasan Masalah
Menguraikan tentang aplikasi yang telah dibuat mulai dari perancangan
aplikasi, pembuatan aplikasi dan cara penggunaan aplikasi tersebut.
Bab IV Penutup
Berisi uraian mengenai kesimpulan dari masalah yang diperoleh selama
penulisan ilmiah ini dan saran-saran yang ditujukan kepada pihak-pihak
terkait.